Selasa, 10 Agustus 2010

Belajar Membaca Karakter Dari Tulisan Para Blogger (Sudut Pandang Nan Relatif)

Ternyata seru juga klo kita memang serius tapi santai dalam belajar mengenai sesuatu hal. Seperti mempelajari seluk beluk bakat tidaknya kita dalam menulis. Terkadang kita memang sering mandek atau mogok mengucurkan ide kreatif yang sudah ada di dalam kepala untuk muncul dalam suatu bentuk visual (tulisan, benda, dll) atau verbal (musik, bicara, dll).
Faktor motivasi seseorang dalam mempelajari sesuatu dapat diperoleh dari berbagai macam alasan. Seperti faktor dorongan kebutuhan materi, kepuasaan atau pun penuangan ide yang siap meledak dalam kepala bila tidak di salurkan.

Contohnya dalam penulisan, banyak para penulis-penulis handal seperti memiliki bakat tersendiri ketika tulisannya itu dapat menari-menari dalam imajinasi pembacanya. Terkadang saya juga berpikir kenapa mereka bisa membuat sebuah atau beribu-ribu buah rangkaian kata yang bermanfaat yang tertuang dalam novel, buku, artikel atau bahkan ebook-ebook mereka. Saya memang tidak pernah sempat membaca buku-buku tips dan trik menulis dengan handal. Tapi dapat kita sadari dengan sendiri dapat kita pahami kemampuan mereka dalam menulis bisa jadi datang dari bakat lahir atau sekedar kemampuan yang terasah berkat kesabaran mereka dalam membidangi hal ini. Tapi saya meyakini saat ini kemampuan mereka atau penulis-penulis handal tersebut di capai dengan cara yang tidak mudah dan singkat.

Era jaman blogger saat ini alias klo saya melihatnya dulu sarana curhat atau informasi teks kedalam digital yang tentunya bukan lagi kertas. Keuntungan media ini semakin sangat luas seperti mulai amal ibadah kita bertambah (tentunya klo tulisan kita bermanfaat buat orang lain) sampai pundit-pundi harta masuk ke rekening-rekening kita. 

Dalam beberapa minggu ini saya sengaja aktif kembali dalam dunia menulis blogger, mulai nampak hal yang unik dari beberapa pergaulan maya ini. Selain keuntungan bisnis dan lain-lain, saya ingin mengungkap sedikit karakter penulisan atau tipe blog dari seorang penulis. Adapun tipe-tipe sementara yang saya bagi dari beberapa, yaitu :




  1. Tipe Inovatif : Tipe yang menurut saya secara tidak sengaja di anut oleh para blogger/pemilik web yang mana hasil ide dan karyanya sepertinya sengaja memang untuk dipublikasikan ke khalayak umum. Setelah itu, mereka menyediakan segala bentuk fasilitas informasi yang lengkap dan berharap karyanya bisa kembali di gunakan kembali dan dikembangakan oleh semua orang yang mau. Tipe ini sepertinya banyak kita temukan di web/blog yang bertemakan science , riset, dan pengembangan-pengembangan.





  2. Tipe Kreatif : ini tipe yang menurut saya unik dan mulai banyak kita temukan di dunia maya atau nyata. Beda-beda tipis memang dengan tipe inovatif diatas. Tampaknya para penganut ini memang sengaja mengembangkan skill mereka (sebenarnya bisa jadi bakat lahir) untuk kebutuhan diri tapi tidak lupa juga untuk kebutuhan orang banyak. Pengetahuan mereka aplikatif dan merangsang keinginan orang lain untuk mengikuti dan belajar. Tentunya pengalaman mereka yang identik dengan sukses dan bersahaja menjadi magnet alami tersendiri. Tipe ini banyak banget kita temuin dalam seperti usahawan, CEO sukses dunia marketing, pengusaha online dan lain-lain. Teman-teman pasti bisa mengira-ngiranya.





  3. Tipe Eksplorasi : ini tipe yang menurut saya orang-orang yang mau belajar dengan kemampuan dasarnya sehingga dapat mencapai puncak kemampuanya dalam skill tanpa batas. Mereka melengkapi diri dengan senjata media informasi, sumber-sumber terkait dalam untuk memperoleh hasil project atau pertanyaan-pertanyaan dari dalam diri mereka. Ditambah dengan minat hobi akan sesuatu yang mereka geluti membuat kesan tulus untuk setiap kreasi mereka. Tak jarang dari hobinya ini menjadi keuntungan materi dan spiritnya sendiri.





  4. Tipe Pragmatis : ini tipe yang klo di dunia nyata sering jadi bahan omongan. Bagian objek yang di amati itu sangat menguntungkan pasti mereka akan giat dan rela mati-matian mendukung dan atau parahnya mengekor akan keberhasilan orang lain tanpa ikut susah payah jatuh bangun. Klo dalam dunia blogger sih katanya kayak tukang copas tanpa segan-segan maen caplok izin dan tanpa terima kasih ama yang punya. Dan parahnya lagi tanpa mereferensikan hak paten (mis:Link) yang punya. Tipe ini ini sepertinya kayak ga mau belajar dengan usaha sedikit. Asal kepentingan diri sendiri cepat tercapai. Biasanya motif dasar ujung-ujungnya kemilau materi (duit). Lama-lama ini tipe akan berpotensi besar menjadi oportunis yang mana paham idealnya adalah oportunisme (mengambil keuntungan sebesar-besarnya tanpa menghormati/berpegang prinsip-prinsip yang ada, seperti "kutu busuk")
Akhirnya cukup empat point aja dulu saya paparkan saat ini lagian ini hasil pengamatan dan analogi dasar yang mungkin relatife tidak serupa dengan pemikira-pemikiran teman pembaca. Itung-itung ngelatih nulis cepat. Lumayan sekitar lima menit ide ini tertulis juga ditambah ngetik lama 20 menitan. Hehe. 

Lain kali saya tambahkan lagi deskripsi dan kriteria yang lain sekalian klo ada yang salah pengertian akan di revisi ulang. Mohon maaf bila tidak mengena dan tidak enak.Yang jadi pertanyaan bertipe apakah anda sendiri? Pasti punya dasar pemikiran dan kesadaraan diri.

0 komentar: