Rabu, 01 Desember 2010

Bicara Di Depan Umum (Publik Speaking)

Komunikasi merupakan suatu hal yang penting untuk sekelas makhluk hidup cerdas seperti manusia. berawal dari komunikasi manusia dapat saling memahami dan bersosialisi antara sesama. Individualistis yang tertera pada masing-masing manusia pun dapat dicairkan dengan kekurangan atau ingin saling melengkapi yang dihubungkan pada awalnya mungkin oleh komunikasi antar sesama. Komunikasi atau berbicara antar individu dapat menciptakan berbagai hubungan dasar seperti ekonomi, kesehatan maupun politik. 

Berbicara didepan umum (publik Speaking ) dapat menjadikan awal pencitraan yang baik buat pribadi seseorang yang ingin memperoleh tanggapan baik dari pendengar atau teman-temannya. Kunci dalam menguasai komunikasi seperti itu adalah yang pertama adalah sejauh apa mental kita menghadapi situasi pembicaraan yang mungkin bersifat santai atau terlalu resmi. Seperti pidato-pidato politik atau bahkan menjadi pembicara seminar-seminar umum/sains dan lain-lain. 

Berdasarkan pengalaman saya yang masih belajar, ingin menjadi pembicara yang baik dan santai  selalu aja tetap ada awalnya yang namanya dag dig dug di dada. Namun hal itu dapat diatasi dengan berbagai langkah seperti:
1. mengontrol pola pikir dasar kita atau jalan pikiran kita mau positif atau negatif. Hindari kebiasaan memikirkan hal-hal konyol apa yang akan terjadi sebelum acara dimulai (ex:pidato).
2. langkah kedua adalah mind mapping pembicaraan ada seharusnya udah dipersiapkan sebelum percaya diri cuap-cuap berbicara didepan umum. Biasanya walaupun tidak membawa apapun (kertas contekan) saat berbicara didepan umum, kita akan tampak lebih lancar dan natural. Hal ini dikarenakan sebelumnya anda telah mempersiapkan bahan, materi atau alur bicara didalam kepala. Selanjutnya tinggal improvisasi. 
3. Langkah ketiga adalah pintar memainkan emosi pendengar dengan cara gunakan kemampuan akting karakter anda saat menjadi sorotan umum (menuju congor yang lagi cuap-cuap). Misalnya jangan terlalu monoton dalam berbicara atau tampil, atasi dengan lakukan sedikit ice breaking, lawakan atau sedikit hal-hal konyol tanpa menjatuhkan citra diri anda didepan umum.
4. Langkah keempat adalah banyak latihan dan belajar dari pembicara-pembicara unggul seperti yang di TV-tv. 
5. Langkah kelima adalah pengetahuan anda. Rajin-rajin baca atau mendengar yang bagus dan unik ya. Nanti juga bakal mengetahui apa kegunaannya.

Cukup segini dulu tips yang terlintas dalam kepala. Lain kali dilanjukan.




0 komentar: